Mar
18
2009

LATEX

Oleh: Egtheasavianca

Mungkin Anda baru mendengar nama ini “LaTeX”. Namun bagi kalangan tertentu, LaTeX merupakan sebuah tools yang berguna untuk mengerjakan berbagai hal yang dapat dilakukan sebuah program Microsoft Office. Bahkan banyak professional berpendapat bahwa LaTeX lebih baik dibandingkan pesaingnya Microsoft Office. LaTeX umumnya digunakan oleh kalangan ilmuwan, insinyur, pelajar dan juga di dunia komersil.

LaTeX merupakan sebuah document markup language dan document preparation system untuk program TeX typesetting, yang bekerja layaknya HTML Latex juga dapat digunakan untuk menterjemahkan sebuah dokumen dan juga dokumen berbasis XML menjadi format PDF. Latex banyak digunakan karena menggunakan typesetting yang berkualitas tinggi yang dapat diperoleh melalui TeX. Hal ini menawarkan sebuah desktop publishing yang dapat diprogram dengan berbagai fitur dan banyak fasilitas untuk memudahkan banyak aspek typesetting dan desktop pubilishing meliputi penomoran, referensi, tabel dan figur, layout halaman dan bibiliografi.

Latex bertujuan unk menyediakan high level languange untuk mengakses fitur TeX. Latex sesungguhnya berisikan koleksi TeX macros dan sebuah program untuk mengakses dokumen LaTeX. Karena perintah untuk mengedit TeX merupakan low level languange, akan lebih mudah bagi pengguna menggunakan LaTeX untuk mengedit TeX. Latex pertama kali ditulis oleh Leslie Lamport di SRI International pada tahun 1980-an dan sekarang telah menjadi metode yang dominan dipakai untuk mengunakan TeX, hanya sedikit orang yang tetap menggunakan TeX. Versi yang digunakan sekarang adalah LaTeX2e. Istilah Latex merujuk hanya pada bagaimana dokumen ditulis, bukannya text editor itu sendiri. Untuk membuat sebuah dokumen LaTeX, sebuah file .tex harus dibuat mengguanakan sebuah text editor. Banyak orang menggunakan beberapa editor didesain khusus untuk bekerja dengan LaTeX.

Written by admin in: Tutorial | Tags:

114 Comments

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Powered by MarSim TerRomnite | Theme: by SalleyTam and MikeWils, design by Danbed Inc NTU.
Our Team:Living Snug Cen Nac Nordic Fact Socal Lily DRC Villa NYC Pacific Tea Winns